TARUNG DERAJAT

The Guru: AA Boxer

Tarung Derajat adalah seni bela diri berasal dari Indonesia yang diciptakan oleh Achmad Dradjat. Ia mengembangkan teknik melalui pengalamannya bertarung di jalanan pada tahun 1960-an di Bandung. Tarung Derajat secara resmi diakui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai pelatihan dasar oleh TNI Angkatan Darat.

Tarung Derajat dideklarasikan kelahirannya di Bandung pada 18 Juli 1972 oleh Achmad Dradjat yang biasa dipanggil Aa Boxer. “Box!” adalah salam persaudaraan di antara anggota Tarung Derajat. Tarung Derajat menekankan pada agresivitas serangan dalam memukul dan menendang. Namun, tidak terbatas pada teknik itu saja, bantingan, kuncian, dan sapuan kaki juga termasuk dalam metode pelatihannya. Tarung Derajat dijuluki sebagai “Boxer”. Praktisi Tarung Derajat disebut “Petarung”.

Sejak 1990-an, Tarung Derajat telah disempurnakan untuk olahraga. Pada tahun 1998, Tarung Derajat resmi menjadi anggotaKONI. Sejak itu, Tarung Derajat memiliki tempat di Pekan Olahraga Nasional. Keluarga Olahraga Tarung Derajat sekarang memiliki suborganisasi di 22 provinsi di Indonesia. Setelah diperkenalkan pada 2011 SEA Games di Palembang, namun Tarung Derajat tidak disertakan pada SEA Games 2013 di Myanmar.

Tarung Derajat adalah Ilmu, tindakan moral dan sikap hidup yang memanfaatkan kemampuan daya gerak otot, otak dan nurani secara Realistis dan Rasional, terutama pada upaya penguasaan dan penerapan 5 (lima) daya gerak moral, yaitu : Kekuatan – Kecepatan – Ketepatan – Keberanian – Keuletan pada sistem ketahanan dan pertahanan diri yang agresif dan dinamis pada bentuk-bentuk gerakan pukulan, tendangan, tangkisan, bantingan, kuncian, hindaran dan gerakan anggota tubuh penting lainnya yang terpola pada teknik, taktik, dan strategi bertahan dan menyerang yang praktis dan efektif bagi suatu ilmu olahraga seni beladiri.


PRINSIP DASAR TARUNG DERAJAT

  1. Tarung Derajat diambil dari dua suku kata Bahasa Indonesia, yaitu Tarung dan Derajat.
  2. didalam kamus bahasa Indonesia dapat ditemukan arti kata ;

TARUNG (bertarung) : berarti berjuang, bertempur, bertanding, berlaga, berkelahi, berjibaku dsk (dan sejenis katanya);

DERAJAT : berarti tingkatan, pangkat, harkat, martabat kemanusiaan dsk., yang berkaitan dengan nilai (tinggi/rendahnya) kehormatan;dan

Tarung Derajat secara harfiah berarti sebuah upaya perjuangan diri untuk meraih/ mencapai derajat atau harkat martabat kemanusiaan yang berkehormatan selayaknya manusia yang berhakekat manusia.


Pengamalan ilmu

Tindakan moral dan sikap hidup Tarung Derajat berlandaskan pokok-pokok ajaran Ilmu Beladiri Tarung Derajat, bahwa :

“Kehidupan pada hakekatnya adalah merupakan interaksi antara manusia dengan alam semesta, manusia dengan lingkungannya, manusia dengan orang lain, manusia dengan dirinya sendiri, serta kaitan manusia dengan Allah SWT,Manusia dengan alam semesta ada kepentingan yang harus dipadukannya, manusia dengan lingkungannya ada hal yang harus diserasikannya, manusia dengan orang lain ada perbedaan yang harus diluruskannya, manusia dengan dirinya sendiri ada hawa nafsu yang harus dikendalikannya serta kaitan manusia dengan Allah SWT ada jarak yang harus didekatkannya”


Dasar ilmu dan keilmuan Tarung Derajat adalah

Tarung Derajat sebagai suatu sistem ketahanan dan pertahanan diri, yaitu semula sebagai kemampuan individu yang dimiliki G.H Achmad Dradjat (AA Boxer) dalam lingkup pembelaan diri karya ciptanya yang mampu dan berhasil digunakan pada keseharian hidupnya di dalam menjawab tantangan dan tuntutan kebutuhan hidup dirinya telah berhasil dirumuskan pola bentuk olah fisiknya melalui sistematika pendidikan dan pelatihan yang teratur.


Pokok-pokok ajaran

Tarung Derajat tersebut bukanlah semata-mata untuk kepentingan diri sendiri, tetapi wajib diamalkan bagi kepentingan masyarakat banyak tanpa memandang batas kewilayahan, suku, agama, jenis kelamin dan ras dan pada saatnya Ilmu Olahraga Seni Beladiri Tarung Derajat akan mampu tumbuh dan berkembang serta mengharumkan nama satlat Universitas Islam Indonesia dengan kekhasannya yang spesifik didalam menampung minat, menyalurkan bakat dan hobi dalam rangka membentuk watak dan karakter pribadi yang mencerminkan manusia berhakekat manusia.


Manusia yang berhakekat manusia

Pribadi manusia yang memiliki : Kejujuran, kesetiaan, keberanian moral, budi pekerti, kemandirian, kepribadian, patriotisme, mental baja, rendah hati, jiwa besar, sabar, pemikiran positif dan tanggung jawab, dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan didalam pelaksanaan pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara, serta ikut berpartisipasi secara aktif didalam perdamaian dunia dan turut memelihara ketahanan nasional melalui ketahanan rohani dan jasmani.

sumber : tarung derajat-aaboxer.com , AD/ART dan wikipedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s